Sunday, March 24, 2019

KAJIAN-13 (FATHUL MU'IN)

Edisi 13 Ngaji Kitab Fathul Mu'in Bab Shalat.


بسم الله الرحمن الرحيم قال المصنف رحمه الله تعالى ونفعنا بعلومه وأمدنا بأسراره آمين



(و) غير (متغير) تغيرا (كثيرا) بحيث يمنع إطلاق اسم الماء عليه، بأن تغير أحد صفاته من طعم أو لون أو ريح، ولو تقديريا أو كان التغير بما على عضو المتطهر في الاصح، وإنما يؤثر التغير إن كان (بخليط) أي مخالطا
للماء، وهو ما لا يتميز في رأي العين (طاهر) وقد (غني) الماء (عنه) كزعفران، وثمر شجر نبت قرب الماء، وورق طرح ثم تفتت، لا تراب وملح ماء وإن طرحا فيه.
ولا يضر تغير لا يمنع الاسم لقلته ولو احتمالا، بأن شك أهو كثير أو قليل.
..............................................
Syeikh Zainuddin al-Malibari berkata :

Air muthlak juga mesti tidak ada perubahan yang signifikan artinya perubahan yang tidak akan merubah nama air yang tetap baik perubahan ( pasti / takdir ) pada rasa, warna atau bau.

Dianggap juga perubahan air dengan sebab sesuatu pada anggota wudhuk.

Perubahan air diatas dapat terjadi dengan bercampurnya air dengan benda yang larut ( tidak dapat dibedakan lagi antara percampuran tersebut ), benda ini maksudnya benda yang suci dan air tidak butuh padanya seperti kunyit, tidak mengapa bercampur dengan tanah.

Perubahan yang sedikit ( tidak merubah nama air yang tetap) itu tidak masalah walau masih kemungkinan, artinya kita ragu apakah perubahan airnya sedikit atau banyak.
✈️ Silahkan share... 

No comments:

Post a Comment

Syukron atas komentarnya

DOWNLOAD MP3 KAJIAN HIKAM DARI MULAI HIKMAH KE-1 DAN SETERUSNYA

 Selamat Datang di Blog Saya, saya do'akan sobat semua sehat selalu, bagi sobat yang membutuhkan kajian hikam perhikmah dari mulai hikam...